Mantan Pengacara Djoko Tjandra Tolak Perpanjangan Penahanan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pengacara Anita Kolopaking, Tommy Sihotang menyatakan kliennya menolak perpanjangan penahanan sebagai tersangka dalam kasus surat jalan palsu untuk Djoko Tjandra. Saat ini Anita telah ditahan sejak 8 Agustus 2020 lalu.

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri pun memperpanjang masa tahannya yang telah habis pada 28 Agustus, hingga 6 Oktober 2020 mendatang. “Ada penolakan dari Ibu Anita untuk memperpanjang masa tahanannya,” kata Tommy.

Menurut dia, kliennya menolak perpanjangan masa penahanan itu lantaran berkaitan dengan pokok perkara dalam penerbitan surat jalan palsu itu. Meski demikian, dia tidak merinci alasan Anita enggan untuk ditahan.

Selain itu, Tommy mengungkapkan bahwa alasan subjektif dan objektif penahanan dari kliennya tidak dapat diterima. “Itu kan subjekif atau objektif kan gitu. Dua-duanya menurut kami tidak memenuhi syarat,” kata Tommy.

Meski demikian, status kliennya hingga kini masih sebagai tahanan. Saat ini pun, Anita masih berada di Rumah Tahanan Bareskrim Polri. Permintaan penangguhan penahanan itu belum dikabulkan. (*)

BERITA REKOMENDASI