Mantan Perenang Olimpiade, Lukman Niode Meninggal Dunia

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dunia akuatik baru saja kehilangan atlet yang membela Indonesia di tim renang pada Olimpiade 1984 Los Angeles, Amerika Serikat, Lukman Niode. Pria yang berusia 56 tahun ini, meninggal di RS Pelni, Jumat, 17 April 2020 pada pukul 12.58 WIB.

Dalam beberapa hari terakhir, Lukman memang masuk RS Pondok Indah hingga akhirnya pindah ke RS Pelni, mengeluhkan sakit di bagian pernapasan.

Ketua Umum PB PSRI, Anindya Bakrie, mengaku sangat kehilangan sosok Lukman yang punya jasa besar sebagai atlet dan juga pengurus di PB PRSI atau Persatuan Renang Seluruh Indonesia. “Saat ini Lukman juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar PB PRSI,” kata Anindya di Jakarta. Jumat (17/4)

Dijelaskan saat menjadi atlet berbagai prestasi ditorehkan mulai nasional sampai internasional. Mulai dari PON 1977 meraih 10 emas, lalu PON 1980 menyabet 7 emas. Di SEA Games 1983, almarhum mempersembahkan 2 emas.

Di Asia, almarhum juga pemegang rekor Asia nomor 100 meter gaya punggung. Almarhum juga wakil Indonesia di pentas Olimpiade 1984, Los Angeles, Amerika Serikat dan berhasil menembus babak semifinal.

“Saya atas nama pribadi dan Keluarga Besar PB PRSI menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya mantan perenang nasional, yang juga Ketua Dewan Pakar PB PRSI Lukman Niode. Beliau adalah sahabat yang baik dan olahragawan yang layak jadi teladan. Saat menjadi atlet prestasinya luar biasa dan banyak mengharumkan nama Indonesia,” ujar Anindya Bakrie.

“Di PRSI, sebagai Ketua Dewan Pakar beliau juga banyak memberikan masukan dan membantu kami memajukan olaharaga akuatik Indonesia. Semoga prestasi dan dedikasimu menginspirasi generasi-generasi muda,” tambahnya.(sim)

BERITA REKOMENDASI