Mars Terang Bersinar Pada 13 Oktober

Editor: Ivan Aditya

BANDUNG, KRJOGJA.com – Planet Mars akan bersinar terang pada Selasa 13 Oktober di langit Bumi. Saat itu Bumi akan berada di antara Matahari dan Mars, fenomena ini biasa disebut dengan oposisi. Observatorium Bosscha mengatakan ketika berada pada oposisi, Mars akan terbit saat Matahari terbenam. Mars akan berada di langit sepanjang malam dan terbenam saat Matahari terbit.

“Karena sinar Matahari jatuh dari belakang kita, benda langit yang sedang berada pada oposisi akan terlihat paling terang,” ujar Bosscha di akun Instagram.

Meski sangat terang, Mars akan berukuran sangat kecil. Pada jarak terdekat dengan Bumi kali ini, Mars tampak sebesar 22,6″ (22,6 detik busur) dan akan menjadi 22,4″ pada saat oposisi.

Pada musim oposisi ini penampakan diameter sudut Mars akan berubah hingga menjadi sekitar 20″.  Sebagai perbandingan, rata-rata diameter sudut bulan purnama sebesar 1.865″.

Jadi diameter sudut Mars pada saat jarak terdekat ini hanya akan terlihat sebesar 1,2 persen dari diameter bulan purnama. Mars masih terlihat sangat kecil di langit malam. (*)

BERITA REKOMENDASI