Maruf Amin Fokus Jabar, Banten dan DKI

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin memprioritaskan wilayah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta sebagai lumbung suara demi memenangkan Pilpres 2019. Ma'ruf ditugaskan oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) agar dapat menjadikan tiga wilayah tersebut lumbung suara.

"Memang fokus kita itu adalah Jawa Barat Jakarta, Banten. Dulu kan Jokowi kalah, sekarang harus menang," kata Ma'ruf.

Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla mengalami kekalahan dari pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Banten dan Jawa Barat pada Pilpres 2014. Berdasarkan rekapitulasi perhitungan suara Pilpres 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jokowi-JK hanya mendapatkan 42,90 persen suara dibandingkan Prabowo-Hatta yang meraup 57,10 persen di Bantan.

Di Jawa Barat, Jokowi-JK kalah telak dengan perolehan 40,22 persen suara dibandingkan Prabowo-Hatta yang meraup 59,78 persen. Ma'ruf menjelaskan bahwa ada 10 provinsi prioritas yang masuk dalam fokus Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf untuk 'dikuasai' dalam Pilpres 2019.

Ia mengatakan 10 wilayah itu merupakan provinsi tempat pasangan Jokowi-JK mengalami kekalahan di Pilpres 2014. Wilayah itu diantaranya Aceh, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, NTB, Kalimantan Selatan, Gorontalo, dan Maluku Utara.

Dari 10 daerah itu, Ma'ruf mendapatkan prioritas untuk memenangkan wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat di Pilpres 2019. "Saya tidak ada hari tanpa deklarasi tidak ada hari tanpa diskusi tanpa silaturahim dengan eksponen-ekaponen para pendukung ini yang akan terus kita lakukan," kata dia. (*)

BERITA REKOMENDASI