Ma’ruf Amin Siap Mundur dari Rais Aam PBNU

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bakal Calon Wakil Presiden KH.Ma'ruf Amin menyatakan akan mundur dari jabatan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sesuai prosedur yang tercantum dalam AD/ART NU.

"Setelah nanti sudah ditetapkan sebagai Cawapres nya pak Jokowi, saya akan melakukan pengunduran diri dari Rais Aam PBNU. Tapi harus melalui beberapa tahapan, jadi tidak asal-asalan mundur," ungkap Ma'ruf.

Dalam AD/ART PBNU BAB Pengisian Jabatan Antar Waktu disebutkan bahwa apabila Rais 'Aam berhalangan tetap, maka Wakil Rais Aam menjadi Pejabat Rais 'Aam. Namun, apabila Wakil Rais Aam berhalangan tetap, maka Rais 'Aam atau Pejabat Rais Aam menunjuk salah seorang Rais untuk menjadi Wakil Rais Aam.

Sedangkan, apabila Rais Aam dan Wakil Rais Aam berhalangan tetap dalam waktu yang bersamaan, maka Rapat Pleno Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menetapkan Pejabat Rais Aam dan Pejabat Wakil Rais Aam. Ma'ruf berharap sosok Rais Aam PBNU penggantinya adalah orang yang dianggap terbaik dan memiliki pengaruh dalam keulamaan sehingga dapat memberi contoh yang baik bagi seluruh Ulama di Indonesia. (*)

BERITA REKOMENDASI