Ma’ruf Minta Jokowi Anggarkan Rp 20 T untuk Pesantren Aswaja

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Calon wakil presiden nomor urut 02 Ma'ruf Amin meminta Presiden Jokowi dapat mengalokasikan Rp10 triliun-Rp20 triliun untuk pembiayaan pesantren Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja), macam Saudi Arabia membiayai lembaga pendidikan Wahabi.

Hal itu disampaikan Ma'ruf saat di Pesantren Mathla'ul Anwar Linahdlatil Ulama, Pandeglang, Banten. Dia menuturkan kepada Presiden bahwa pelbagai pesantren dibiayai oleh pemerintahan masing-masing.

Dia mencontohkan pesantren Wahabi dapat bantuan dari Arab Saudi, sedangkan pesantren Syiah dari Irak. Sementara, pesantren Aswaja dinilai tak dapat bantuan dari mana-mana.

"Makanya pesantren-pesantren kita itu jelek jelek, apa tidak mungkin itu dibantu melalui APBN? APBN Indonesia itu 2.000 triliun apa tidak mungkin 10 triliun-Rp20 triliun tiap tahun diberikan," katanya.

Menurutnya, Presiden merespons usulan tersebut dengan baik. Selain itu, kata Ma'ruf, pihaknya meminta ada pihak khusus yang mengurus pesantren di tingkat dirjen, bahkan ada menteri khusus.

"Insyaallah kalau dirjen, nanti lama-lama dirjen jadi menteri (yang mengurus pesantren). Artinya, Jokowi memikirkan kemaslahatan bagi umat," kata dia. (*)

BERITA REKOMENDASI