Marzuki Darusman: Menghormati HAM Akan Menguntungkan Perusahaan

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Ketua Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST) Marzuki Darusman mengatakan bahwa melakukan penghormatan HAM akan menjadi sebuah keuntungan bagi perusahaan karena akan meningkatkan daya kompetisi bagi perusahaan-perusahaan Indonesia, baik dalam pasar nasional maupun internasional.

"Dan komitmen negara dalam hal memajukan kegiatan-kegiatan bisnis dan HAM juga mulai terlihat dari konsistensi keikutsertaan delegasi Indonesia dalam forum-forum PBB terkait Bisnis dan HAM. Untum itu, diharapkan Indonesia dapat merintis pembentukan satuan tugas (task force) Bisnis dan HAM nasional sebagai upaya percepatan pemajuan Bisnis dan HAM di Indonesia," kata Marzuki di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Lebih jauh ia dalam seminar sosialisasi studi pemeringkatan penghormatan HAM di 100 perusahaan publik mengungkapkan bahwa seminar ini memberikan kesempatan pada semua pihak untuk mendiskusikan perkembangan bisnis dan HAM di Indonesia, serta perkembangan praktik penghormatan HAM di perusahaan publik di Indonesia. Dalam studi ini, FIHRRST juga bersinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menambahkan bahwa inisiatif-inisiatif yang sudah dilakukan oleh organisasi masyarakat sipil sering menjadi koridor yang membuka pemajuan penegakkan bisnis dan HAM di Indonesia. Untuk itu, negara harus menyadari pentingnya peran organisasi masyarakat sipil dalam pemajuan isu ini. 

"Negara juga diharapkan dapat memberikan peran dan tanggung jawab yang lebih luas kepada organisasi masyarakat sipil untuk melakukan pengarusutamaan bisnis dan HAM,” kata Damanik. Dalam seminar hadir dua perwakilan perusahaan publik, PT Sumber Sawitmas Sarana Tbk. dan PT Bumi Resources Tbk. diundang untuk berbagi pengalaman bagaimana perusahaan melaksanakan penghormatan HAM pada seminar tersebut.

Ketua Tim Koordinator HAM PT Bumi Resources, Tbk Mahmud Samuri mengatakan, untuk memastikan implementasi penghormatan HAM oleh mitra kerja, perusahaan mewajibkan klausa penghormatan HAM berdasarkan UNGP dan DUHAM dimasukkan pada seluruh bentuk penjanjian kerjasama dan mitra kerja harus menyetujui itu. (Ful)

 

HAM

BERITA REKOMENDASI