Masa PPKM Darurat, Kemnaker Terus Berupaya Bendung PHK

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com- Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menjadi perhatian serius pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnakar), terutama yang terkait pemutusan hubungan kerja (PHK). Untuk itu, Kemnaker terus berupaya agar PHK tidak terjadi.

“Kami menyadari bahwa PPKM Darurat ini berat bagi kelangsungan usaha, tapi kami tidak bosan meminta perusahaan agar sebisa mungkin menghindari melakukan PHK,” ujar Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker, Indah Anggori Putri dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta, Jumat (16/7/2021).

Ia mengakui,  PPKM Darurat ini memang memiliki efek bagi kelangsungan usaha setidaknya karena perusahaan atau pabrik tidak beroperasi secara maksimal,terutama perusahaan atau industri yang masuk kategori esensial dan non-esensial, sehingga akan berpengaruh pada kekuatan finansial perusahaan.

“Karena itu, kami terus berkoordinasi dengan Dinas Ketenagerjaan di seluruh Indonesia, dan hingga hari ini belum mendapatkan data resmi dan valid dari Dinas Ketenagakerjaan di daerah, terutama yang wilayahnya menerapkan PPKM Darurat, terkait adanya PHK,” ucap Putri.

BERITA REKOMENDASI