Masalah Ketenagakerjaan, Kemnaker Gandeng Universitas Tsinghua

JAKARTA (KRjogja.com) – Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan, kementerian yang dipimpinnya membuka peluang  peningkatan kompetensi  Sumber Daya Manusia (SDM) dari berbagai pemangku kepentingan di tanah air melalui pendidikan dan pelatihan kepemimpinan serta inovasi di Tiongkok.

"Pelatihan ini  tidak hanya untuk jajaran Kemnaker saja, namun bisa juga untuk kalangan stakeholder seperti anggota DPR, serikat pekerja dan sektor swasta," kata Hanif Dhakiri di Jakarta, Kamis (10/11/2016). 

Kerjasama ini, menurut Hanif, diyakini dapat membantu kementeriannya dalam melibatkan semua stakeholder (dunia usah, perguruan tinggi, lembaga swadaya dan pemerintah) untuk mengatasi berbagai masalah ketenagakerjaan di Indonesia. Selain itu memperkuat tiga strategi yang diusung Kemnaker dalam meningkatkan daya saing dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

Mengenai penyerapan tenaga kerja itu adalah tenaga kerja sektor formal maupun informal, yaitu peningkatan kualitas SDM, pemberdayaan pengangguran dan setengah pengangguran serta pengembangan kewirausahaan. "Karena itu isu Ketenagakerjaan harus ditangani bersama, melibatkan berbagai sektor dan stakeholder dan perlu adanya dialog sosial yang positif," tandas Hanif. (Ful)

BERITA REKOMENDASI