Masyarakat Antusias Saksikan Bakar Tongkang

BAGANSIAPIAPI, KRJOGJA.com  – Sukses besar diraih Ritual Bakar Tongkang Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir Provinsi Riau. Hal ini terlihat dari membludaknya wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus), Sabtu (30/6).

Ribuan orang etnis Tionghoa begitu antusias mengikuti prosesi Bakar Tongkang. Semua berebut untuk memberikan yang terbaik bagi ritual itu. Wisatawan benar-benar antusias menyaksikan atraksi ini. Kota Bagansiapiapi pun berubah menjadi lautan manusia. Aroma dupa-dupa turut menyelimuti Bagansiapiapi. 

Terutama sejak aktivitas sembahyang dan malam persiapan Bakar Tongkang. Begitu juga dengan perlengkapan ornamen Tionghoa. Sangat detail dipersiapkan. Begitu juga replika perahu yang akan dibakar. Semua disiapkan sebagus mungkin. Hiasan-hiasan angpao yang bercorak keemasan serta merah, tersusun rapi di dekat tongkang. Seluruhnya disiapkan tanpa ada satu pun yang kurang sebagai syarat wajib prosesi bakar tongkang.

Melihat wisatawan yang rela berdesak-desakan untuk ikut prosesi ritual Bakar Tongkang ini, Kepala Dinas Pariwista Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau, Fahmizal Usman tidak bisa menutupi kegembiraannya. 

Menurut Fahmizal, lebih dari 52 ribu wisatawan datang untuk menyaksikan Bakar Tongkang. Hal ini menjadikan berkah tersendiri bagi Kota Bagansiapiapi.

"Perputaran uang selama Bakar Tongkang sangat besar. Hotel-hotel penuh. Pedagang kuliner, pedagang perlengkapan berdoa hingga para penarik becak semua kebanjiran rejeki. Ini tentunya menjadi tujuan utama dari pariwisata. Yaitu mensejahterakan masyarakat," ungkapnya.

Hal ini membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya sumringah. Menpar mengatakan Ritual Bakar Tongkang merupakan salah satu contoh suksesnya ritual budaya yang dimiliki Indonesia.

"Ritual Bakar Tongkang itu unik. Menjadi satu-satunya ritual yang ada di dunia. Selalu bisa menjadi magnet yang menarik wisatawan. Apalagi kini dobrakan baru ditampilkan. Yaitu dengan beragam atraksi pendukung yang disiapkan Pemerintah Provinsi Riau. Maka sangat wajar jika prosesi ini makin meriah tahun ini," ujar Menpar Arief Yahya.

Ketua Pelaksana Top 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti yang hadir pada perhelatan itu juga tampak begitu bahagia. Terlebih melihat begitu antusiasnya wisatawan mengikuti prosesi Bakar Tongkang. (*)

 

BERITA REKOMENDASI