Mau Lancar saat Pelaksanaan UTBK?, Ikuti Petunjuk ini

JAKARTA, KRJOGJA.com – Agar proses pendaftaran ujian tulis berbasis komputer (UTBK),tidak mengalami kendala masukkan nomor induk siswa Nasional (NISN) dan nomor pokok siswa Nasional (NPSN) dengan bena.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Budi Prasetyo saat dihubungi KRJOGJA.com terkait terjadi kendala dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Termasuk permasalahan sistem pembayaran Host to Host ke Bank mitra LTMPT.

Prof Budi menjelaskan pendaftaran UTBK Gelombang I dibuka sampai 24 Maret 2019 sehingga para calon peserta diminta untuk tidak perlu panik dan tergesa-gesa mendaftar.

"Pastikan saat mendaftar kamu memasukkan NISN dan NPSN dengan benar. 
Jika dua nomor sakti yang kamu masukkan sudah benar, namun sistem belum bisa menerimanya bisa jadi hal itu karena masalah di server. Jangan malas untuk mencoba terus hingga berhasil," ungkapnya.

Menurut Prof Budi foto diri siswa  ini sangat sensitif bagi sistem pendaftaran UTBK. Jika  mengunggah foto hitam putih, otomatis sistem akan menolaknya. Jadi pastikan foto yang  diunggah adalah pas foto berwarna terbaru dengan warna latar belakang bebas. "Untuk pas foto tersebut dianjurkan memakai baju sekolah atau kemeja yang dikancing rapi. Jangan gunakan kaos apalagi berpose selfie," ujarnya.

Langkah selanjutnya, kata Prof Budi daftarkan email aktif dan usai pendaftaran akan mendapatkan email konfirmasi untuk mengaktifkan akun. Jika mengalami kesulitan menemukan email konfirmasi untuk mengaktifkan akun, silakan periksa di folder inbox atau spam. 

"Kadang email konfirmasi tersebut secara tidak sengaja masuk kategori spam email. Hal lainnya yang harus diperhatikan pastikan pilihan jenis ujian, lokasi dan sesi sudah benar karena setelah melakukan pembayaran tidak bisa diubah lagi." (Ati)

BERITA REKOMENDASI