Mau Lolos Group B, Ini yang Harus Dilakukan Timnas U-22

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 kalah 1-2 dari Vietnam dalam matchday ketiga Grup B SEA Games 2019 yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Minggu 1 Desember 2019 malam WIB. Atas kekalahan tersebut, skuad Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-22– pun turun ke posisi tiga klasemen sementara Grup B.

Koleksi poin Timnas Indonesia U-22 sebenarnya sama persis dengan Thailand di tempat kedua. Hanya saja, Timnas Indonesia U-22 kalah selisih gol dari Thailand, yakni +3 berbanding +8. Meski begitu, bukan berarti peluang Zulfiandi dan kawan-kawan untuk ambil bagian di semifinal SEA Games 2019 sudah tertutup.

Timnas Indonesia U-22 akan lolos ke semifinal SEA Games 2019 asalkan memenangi dua laga terakhir kontra Brunei Darussalam (Selasa 3 Desember 2019) dan Laos (Kamis 5 Desember 2019). Kemenangan dengan skor telak dibutuhkan Timnas Indonesia U-22 dalam dua laga tersebut.

Sebab, penyelenggara SEA Games menjadikan selisih gol sebagai tolok ukur, ketika ada dua tim atau lebih memiliki poin yang sama. Meski begitu, kemenangan tipis atas Brunei dan Laos juga akan meloloskan skaud Garuda Muda, asalkan Thailand takluk atau imbang dari Vietnam pada matchday terakhir.

Bisa dibilang Thailand adalah lawan Indonesia dalam memperbutkan posisi runner-up. Pada dua laga terakhir, tim asuhan Akira Nishino itu akan bersua Laos (Selasa 3 Desember 2019) dan Vietnam (Kamis 5 Desember 2019). Potensi Thailand terjungkal di tangan Vietnam cukup terbuka. Sebab, Vietnam sempat mengalahkan Thailand 4-0 dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 yang digelar di Hanoi pada medio Maret 2019.

 

BERITA REKOMENDASI