Mau Tetap Bugar Selama Pandemi? Coba Tips Mudah Ini

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Anjuran guna menjaga kebugaran tubuh dan tetap berkreasi selama pandemi Covid-19 dapat dilakukan masyarakat dengan melakukan olahraga secara rutin setiap hari. Kunci beraktivitas dan berkreasi adalah tetap bergerak dan berolahraga baik di dalam maupun luar rumah guna menjaga daya tahan tubuh. Olahraga yang dimaksud bukan hanya sekedar menggerakkan tubuh semata tetapi memiliki aturan dan mekanisme tersendiri. Disamping itu, masyarakat masih bisa berolahraga di luar rumah dengan melakukan 3 M yaitu Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Pengajar Fakultas Ilmu Keolahragan Universitas Negeri Jakarta dr Arie Sutopo SpKO menegaskan semua orang harus bergerak dan berolahraga paling tidak 30 menit setiap harinya terlebih dengan diberlakukannya Work From Home (WFH) selama pandemi Covid-19. Kuncinya tetap melakukan aktivitas bergerak dan berolahraga baik di dalam maupun di luar rumah yang disesuaikan dengan minat yang disukai. Olahraga yang dapat dilakukan di dalam rumah yaitu treadmill, berenang, senam dan sebagainya, sedangkan olahraga di luar rumah antara lain bersepeda, jogging dan lainnya.

“Aktivitas olahraga di luar rumah inilah yang harus diperhatikan selama pandemi. Bahkan ada aturan berolahraga saat ini yaitu wajib memakai masker yang tidak tembus, setiap waktu cuci tangan atau memakai hand sanitizer dan jaga jarak fisik guna mencegah penularan virus Korona Kurang bergerak selama pandemi justri akan memunculkan gangguan kesehatan terutama bagi orang yang berusia 42 tahun ke atas,” tutur Arie dalam diskusi virtual yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia bertajuk ‘Beraktivitas dan Berkreasi Selama Pandemi di Media Center Satgas Covid-19, Sabtu (3/10).

Arie menekankan aktivitas bergerak dan berolahraga sangatlah penting khususnya bagi yang berusia 40 tahun ke atas pada masa pandemi Covid-19. Orang yang berusia di atas 40 tahun harus menggerakkan otot dan sendinya setiap hari karena akan baik untuk jantung dan pernafasan. Justru, apabila tidak bergerak dan berolahraga maka rawan memiliki komorbid atau penyakit penyerta. Sehingga semua orang tanpa kecuali harus bergerak dan berolahraga supaya daya tahan tubuhnya naik yang akan menambah jumlah sel darah putih yang bisa menghantam virus Korona.

BERITA REKOMENDASI