Medium Tank Buatan Indonesia Diakui Dunia

WARGA Negara Indonesia patut berbangga dengan perkembangan industri pertahanan Indonesia. Salah satunya inovasi yang dilakukan PT Pindad (Persero).

Produsen senjata hingga kendaraan tempur ini membuat Indonesia menjadi negara ke-3 di dunia yang mampu memproduksi medium tank. Ya, medium tank buatan Pindad bernama Harimau.

Kini, Indonesia bisa disejajarkan dengan Jepang dan Polandia, yang juga lebih dahulu memproduksi tank penjelajah hutan ini.

Setelah diperkenalkan perdana pada perayaan HUT TNI ke-72 pada 5 Oktober 2017 di Dermaga Kiat Indah, Cilegon, medium tank kini telah diminati banyak negara di dunia.

Dikutip dari data Pindad, Minggu (6/2/2022), Medium Tank Harimau sudah dipesan 18 unit. Semuanya untuk periode kontrak pengerjaan 2020-2023. Harga Tank Harimau sendiri mencapai USD 135 juta.

Bahkan, untuk meningkatkan kehandalan tank spesialis tempur di wilayah tropis yang banyak akan hutan ini, Pindad dan FNSS Defence Systems (Turki) tengah melakukan upgrade sistem untuk diproduksi massal dan pengiriman perdana pada 2022. Malaysia dan Filipina menjadi beberapa negara di ASEAN yang tertarik untuk membeli tank ini.

Salah satu upgrade tank Harimau yang dilakukan dari sisi transmisi. Pindad dan FNSS telah menandatangani kerjasama dengan Allison Transmission, perusahaan yang berbasis di Indianapolis, Amerika Serikat.

BERITA REKOMENDASI