Meliantha Muliawan Raih UOB Painting of the Year 2021

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com –  UOB Indonesia menganugerahi penghargaan 2021 UOB Painting of the Year kepada Meliantha Muliawan dari Indonesia atas karya seni berjudul ‘Even After Death, The Departed Lives Life’  Melalui ajang UOB Painting of the Year, UOB terus mendorong perupa untuk berbagi ide dan kreativitas mereka melalui seni dan menginspirasi pemikiran kritis di tengah masyarakat.

Dalam karya seninya, perupa berusia 29 tahun dari Pontianak, Kalimantan Barat ini mengingatkan masyarakat Indonesia akan ritual budaya Tionghoa membakar kertas joss. Meliantha Muliawan merupakan wanita pertama yang meraih penghargaan UOB Painting of the Year di Indonesia dan mewakili Indonesia bersaing dalam ajang UOB Southeast Asian Painting of the Year Award di Singapura bulan depan.

“Karya seni saya terinspirasi oleh pecahan porselen Dinasti Ming abad ke-15 yang ditemukan di Laut Jawa dan saya terima dari seorang teman. Saya pribadi mempraktikkan tradisi pembakaran kertas joss ini sebagai upaya mengirim barang-barang material kepada kerabat saya yang telah meninggal dunia dengan harapan mereka akan mendapat manfaat dari kehidupan akhirat yang bahagia dan sejahtera,” tuturnya dalam keterangan pers, Senin (01/11/2021).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno yang turut hadir secara virtual mengatakan ekonomi Indonesia khususnya ekonomi kreatif saat ini menduduki peringkat tiga besar dunia setelah Amerika Serikat (AS) dan Korea dari segi persentase terhadap PDB. Pemerintah, melalui Kemenparekraf RI akan terus memfasilitasi perkembangan industri tersebut dengan membangun ekosistem ekonomi kreatif yang kokoh dari hulu ke hilir.

“Dengan demikian, hal ini dapat mendorong para pelaku dan penggerak ekonomi kreatif untuk berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian negara,” tegasnya.

Presiden Direktur UOB Indonesia Hendra Gunawan menyatakan UOB Indonesia secara konsisten memberikan kontribusi bagi masyarakat, dengan membuka pikiran dan hati melalui seni, anak-anak dan pendidikan sejak 2011. UOB Painting of the Year ini merupakan ajang yang memberikan lebih banyak peluang bagi perupa nasional di pentas seni regional dan internasional.

“Kami bangga karena tahun ini berhasil mencatatkan rekor partisipasi atas jumlah karya seni dari perupa profesional yang berpengalaman dan para pendatang baru dari seluruh Indonesia. Kami juga bangga karena banyak karya seni yang diciptakan anak bangsa yang berbakat telah diakui sebagai pemenang UOB Southeast Asian Painting of the Year,” terangnya.

UOB Indonesia telah memfasilitasi pengiriman karya seni secara digital guna memberikan kesempatan bagi peserta di seluruh Tanah Air sejak wabah pandemi Covid-19 merebak pada 2020. Ajang UOB Painting of the Year 2021 mengajak perupa Indonesia dan masyarakat luas untuk mengirimkan karya seni mereka secara daring mulai 29 April hingga 7 Agustus 2021 dimana 41 karya seni berhasil menjadi finalis. (Ira)

BERITA REKOMENDASI