Menaker Kawal Pesangon Pekerja Korban Lion Air

PANGKALPINANG, KRJOGJA.com – Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri berjanji akan mengawal penuh hak-hak pekerja korban Lion Air JT 610. Hal tersebut diungkapkan kala berkunjung ke Pangkalpinang untuk melihat keluarga korban atas musibah jatuhnya Lion Air.

"Kami dari Kementerian Ketenagakerjaan, memang sedang melakukan proses pengecekan status hubungan kerja dari korban kecelakaan kemarin. Kita akan liat mana yang memiliki hubungan kerja dan mana yang tidak dengan perusahaan tertentu," ujarnya ditemui awak media di Pangkalpinang.

Dijelaskan Hanif, karena kalau mereka (korban) berstatus sebagai pekerja. Tentunya mereka berhak atas sejumlah hak-hak tertentu yang didapatkan misalnya seperti pesangon, uang perhargaan massa kerja, dan mungkin sejumlah hak lain yang diatur dalam peraturan pekerja.

"Status korban dari kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 iu akan dicek dulu. Kita cek memastikan hak-hak mereka terpenuhi, supaya dialihkan kepada hak waris keluarga masing-masing korban," terangnya.

Hanif menyatakan siap akan membantu proses percepatan yang menjadi hak-hak para pekerja, yang menjadi korban kecelakaan pesawat kemarin.

"Kita bantu urus, jadi setelah selesai melakukan pengecekan kita akan panggil perusahaan-perusahaan untuk memenuhi dan membayar hak-hak mereka korban kecelakaan," tegasnya.

Kata Hanif, pihaknya kini sedang menginventarisir hubungan industrial antara para korban yang berstatus pekerja, dengan perusahaan para tempat korban bekerja terkait hak-hak para pekerja yang menjadi korban. (*)

BERITA REKOMENDASI