Menaker Minta Industri Siapkan Strategi Transformasi

BATAM, KRJOGJA.com – Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri meminta dunia industri agar mereka menyiapkan strategi transformasi industri atau industrial transformation strategy agar tetap bertahan dan berdaya saing.

“Transformasi ini dibutuhkan untuk memperkuat daya saing dan menjaga agar tidak terjadi goncangan industrial,” kata Menteri Hanif saat mengisi diskusi pada acara Rapimnas KADIN Indonesia Tahun 2017 di Batam pada, Kamis (14/12/2017).

Rapimnas Kadin di Batam ini dilakukan pada 13-14 Desember 2017. Rapimnas ini menyoroti pembangunan daerah dan Sumber Daya Manusia (SDM), serta untuk menyusun program kerja Kadin di tahun 2018.

Menaker Hanif mengatakan dunia industri dewasa ini dihadapkan pada dua tantangan besar. Pertama adalah iklim bisnis dan industri yang semakin kompetitif dan kedua adalah perkembangan teknologi dan informasi.

“Ketika industrinya berubah maka pekerjaannya menjadi berubah. Itulah kenapa sekarang ini kita menemukan sejumlah pekerjaan yang baru muncul dan ada juga pekerjaan lama yang akan hilang,” kata Menaker menjelaskan.

Menurut Menteri Hanif, dalam Industrial Transformation Strategy tersebut juga harus mempertimbangkan perkembangan sektor ketenagakerjaan. Karena, transformasi industri akan menciptakan jenis-jenis pekerjaan baru.

Jenis-jenis pekerjaan baru tersebut menurut Menaker, juga akan menciptakan skill baru. Oleh karenanya, dunia bisnis dan industri juga harus mengantisipasinya. (*)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI