Menantu Jokowi Menang Telak di Medan

Editor: Ivan Aditya

MEDAN, KRJOGJA.com – Pasangan Bobby Nasution – Aulia Rachman menjadi pemenang berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Medan Tahun 2020 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan, Selasa (15/12/2020). Bobby – Aulia meraih sebanyak 393.327 suara. Sedangkan pesaingnya Akhyar Nasution – Salman Alfarisi meraih 342.580 suara.

“Data-data di tingkat kecamatan sudah masuk semua,” kata Ketua KPU Medan, Agussyah Damanik.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, pasangan Bobby – Aulia menang di 15 kecamatan yakni Kecamatan Medan Kota, Sunggal, Helvetia, Denai, Kecamatan Medan Barat, Medan Deli, Tuntungan, Belawan, Medan Labuhan, Medan Polonia, Medan Baru, Medan Perjuangan, Petisah, Medan Timur dan Kecamatan Medan Selayang.

Sementara itu Akhyar – Salman menang di enam kecamatan yakni Kecamatan Medan Amplas, Medan Area, Medan Johor, Marelan, Medan Tembung, dan Medan Maimun.  Agussyah menambahkan, setelah ini akan masuk tahapan selanjutnya yakni penetapan calon terpilih. Namun begitu, KPU Medan tetap menunggu jika nantinya paslon ingin menggugat hasil Pilkada Medan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kalau ada sengketa yang merupakan hak paslon di Mahkamah Konstitusi, maka KPU Kota Medan harus menunggu keputusan terdahulu. Setelah keputusan MK dilaporkan secara resmi kepada kita (KPU), baru lima hari setelah itu kita lakukan rapat pleno kembali untuk menetapkan calon terpilih,” jelasnya.

Apabila tidak ada sengketa, tambahnya, maka KPU Kota Medan akan mengikuti pemberitahuan dari MK bahwa tidak ada registrasi perkara. Setelah ada pemberitahuan resmi dari MK, maka paling lama lima hari setelah itu, KPU Medan akan melakukan penetapan calon terpilih. (*)

BERITA REKOMENDASI