Mencuat Pimpin Ibukota Baru Indonesia, Ridwan Kamil Punya Karya Arsitektur Mendunia, Apa Saja?

YOGYA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo memberi nama ibukota negara Indonesia dengan sebutan Nusantara. Presiden juga menyebut, kriteria calon pemimpin tepat untuk ibukota kelak sebaiknya memiliki background arsitektur.

“Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya _background_ arsitek,” kata Presiden Jokowi saat bertemu pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1/2022) lalu.

Saat ini, Indonesia memiliki beberapa pemimpin dengan background arsitek, salah satunya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang memang dikenal sebagai arsitek jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebelum memutuskan terjun ke dunia politik, pekerjaan Ridwan Kamil, adalah arsitek dan ia tercatat memiliki cukup banyak karya dikenal selama ini.

Karya rancangan Ridwan Kamil, tak hanya berdiri di Indonesia, tapi juga tersebar hingga ke benua Asia dan Eropa. Melalui firma arsitektur Urbane, Kang Emil berkreasi dan menciptakan banyak karya seperti masjid berbahan batako terbuat dari abu letusan gunung Merapi, Museum Tsunami di Aceh, Sekolah anti gempa di Pangalengan Bandung, kawasan elit di Kuningan Jakarta, superblok di Cina, sampai bangunan di Syiria.

BERITA REKOMENDASI