Mendagri Keluarkan Instruksi untuk Gubernur

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan membuat instruksi khusus untuk kepala daerah agar tidak melanggar aturan yang dibuat sendiri terkait penegakan protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19). Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Safrizal menyampaikan instruksi dibuat usai terjadi banyak kerumunan massa di acara yang dihelat petinggi FPI Rizieq Shihab. Bahkan Gubernur Anies Baswedan turut bertemu dengan Rizieq.

“Instruksi Mendagri yang akan dikeluarkan hari ini atau besok supaya kepala daerah mematuhi perda dan perkada yang dibuatnya sendiri, sehingga proses yang kita jalankan, zonasi yang tinggi bisa kita turunkan, termasuk di DKI Jakarta,” kata Safrizal.

Safrizal mengklaim penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sudah baik. Dia mengatakan ada tren positif dalam urusan tingkat kesembuhan dan kasus aktif.

Meski begitu, ia menilai harus ada konsistensi dari semua pihak agar penanganan pandemi terus berjalan dengan baik. Safrizal berharap kepala daerah dapat menjadi panutan dalam penanganan pandemi.

“Saya yakin dan percaya (kepala daerah) selaku kasatgas covid di tiap daerah tahu tupoksi masing-masing untuk tetap menjaga daerahnya untuk sebisanya warna hijau, atau kuning, atau serendah-rendahnya,” ucap Safrizal. (*)

BERITA REKOMENDASI