Mendagri Minta Kontestan Pilkada Kurangi Pengerahan Massa

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Pemerintah mengingatkan semua pihak taat pada aturan main dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2017. Pemerintah mengharapkan kontestasi politik dalam pilkada kali ini lebih dari yang sudah pernah ada. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta para calon dan tim pendukung nantinya juga fokus sosialisasi program dan mengurangi pengerahan massa.

"Dukung mendukung saya kira wajar. Itu bagian dari dinamika, yang penting KPU, bawaslu, termasuk para calon dan tim suksesnya harus taat terhadap aturan, baik UU maupun peraturan KPU. Termasuk pengerahan-pengerahan massa itu harus lebih banyak dikurangi. Yang penting adalah sosialisasi program para calon," katanya Tjahjo di Istana Kepresidenan, Rabu (21/09/2016).

Untuk menjaga pilkada yang aman dan tentram, Tjahjo juga berharap seluruh aparat keamanan di daerah, khususnya intelijen agar selalu melakukan deteksi dini. Begitu timbul riak, Tjahjo meminta agar riak itu segera dimatikan dan segera dikomunikasikan. Aparat keamanan menurutnya jangan sebatas berkoordinasi dengan sesama aparat keamanan tetapi juga menggalang masyarakat. (*)

BERITA REKOMENDASI