Mendagri Minta Pemda Imbau Masyarakat Tak Mudik

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavianmenginstruksikan kepala daerah agar mengimbau warganya tidak mudik atau pulang kampung untuk menekan penyebaran virus corona (covid-19).

Hal tersebut diungkapkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Instruksi yang ditandatangani Tito pada Kamis (02/04/2020) itu ditujukan kepada gubernur dan bupati/walikota di seluruh daerah Indonesia.

“Dalam hal masyarakat terlanjur mudik, maka kepada masyarakat pemudik yang tiba di daerah tujuan mudik untuk melakukan isolasi mandiri sebagai orang dalam pemantauan (ODP) sesuai dengan protokol kesehatan,” ujarnya dalam instruksi tersebut.

Tito mengatakan sosialisasi dan arahan kepada masyarakat harus dilakukan agar tidak ada stigma negatif terhadap pemudik.

Bersamaan dengan itu kepala daerah diminta mempersiapkan tempat karantina kesehatan. Juga pemberian bantuan kedaruratan kepada masyarakat sesuai protokol kesehatan. (*)

BERITA REKOMENDASI