Mendikbud Ingin Budaya RI Mendunia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan ke depan, budaya Indonesia harus aktif di perkenalkan kepada dunia lewat jalur diplomasi budaya. Salah satu negara yang patut dijadikan contoh dalam hal diplomasi budaya Indonesia ke depan adalah Korea Selatan.

“Korea [selatan] adalah salah satu contoh yang paling sukses di dunia. Dia bisa mengolah budaya dia, tapi dia juga melakukan berbagai macam unsur budaya dari lain. Tapi setelah itu, setelah budaya dari film dan musik mereka jadi besar, bahkan tradisi mereka pun ikut terangkat,” demikian Mendikbud Nadiem Makarim ditemui dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kebudayaan di Jakarta, Rabu (26/2) malam

Nadiem berharap Indonesia bisa mengambil ilmu dari negara ginseng tersebut, budaya Indonesia dikenal di panggung dunia juga. Sehingga, berbagai macam strategi yang pihaknya ingin lakukan di Kemendikbud adalah untuk mencari yang terbaik dari Indonesia dan mencampurnya dengan apa yang terbaik dari dunia, agar Indonesia sendiri bisa berinovasi.

“Jadi contoh, salah satunya mungkin adalah untuk membuat acara-acara budaya atau acara-acara festival dengan tingkat kelas dunia, tapi di Indonesia. Sehingga yang terbaik dari Indonesia dan terbaik di dunia bisa berbaur dan saling bertemu, saling bertukar opini, saling berkenalan dan biar ada knowledge transfer di antara dua pihak,” jelas Nadiem

Nadiem berpesan bahwa saat ini, semua harus melihat budaya itu bukan sebagai sesuatu yang statik. Dirinya mengatakan bahwa kita sepatutnya melihat budaya sebagai sesuatu yang dimiliki dan harus di partisipasikan oleh masyarakat dan terutama masyarakat muda.

“Terutama yang milenial ke bawahnya. Ini harus bangga akan tradisi-tradisi kita dan juga berinovasi. Makanya definisi budaya seperti sekarang jangan statik. Budaya yaitu seperti contoh Korea, itu adalah suatu hal yang bisa kita inovasi kan, bisa kita integrasikan, apa yang tradisi dan apa yang modern kita gabung menjadi sesuatu yang baru dan menarik bagi anak-anak muda kita dan juga menarik bagi orang-orang dari mancanegara,” pungkas Nadiem

Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kebudayaan yang diselenggarakan 4 hari kedepan mulai Rabu, 26 Februari 2020 ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meminta hasil dari Rakornas ini sudah membuat peta rencana jalan atau roadmap kalender kebudayaan.

Nadiem menuturkan kepada para Dinas terkait dan elemen kebudayaan yang hadir, dalam Rakornas Kebudayaan tersebut seharusnya bukan lagi memamerkan budaya tradisi yang ada, tapi juga bagaimana budaya itu bisa menarik bagi pengunjung lokal maupun mancanegara. (Ati)

BERITA TERKAIT