Mendikbud Optimistis UT bisa Terapkan Kampus Merdeka

BANTEN, KRJOGJA.com – Universitas Terbuka (UT) bisa mengimplemetasikan konsep Kampus Merdeka dalam memberikan pengalaman, memperkuat soft skills dan hard skills mahasiswanya.

Ini merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang dapat menjadi contoh baik dari kampus merdeka.

Demikian Mendikbud Nadiem Makarim
siaran Youtube Dies Natalis UT ke-36, Jumat, (4 /9 2020)

“UT bisa mengimplemetasikan konsep Kampus Merdeka dalam memberikan pengalaman, memperkuat soft skills dan hard skills mahasiswanya melalui program magang, membangun desa, program kemanusiaan, proyek mandiri dan lain-lain,” kata Nadiem .

Contoh yang bagus dalam menerapkan long life education atau pendidikan untuk masa depan. Pasalnya, dia melihat mahasiswa UT sudah sangat akrab dengan dunia kerja

Kemdikbud  tengah mengupayakan agar lulusan perguruan tinggi dapat segera masuk dan siap menghadapi dunia kerja. Salah satu upaya yang dilakukan ialah penguatan implementasi program Kampus Merdeka.

Mendikbud Nadiem Makarim menyebut, persiapan itu bukanlah hal yang mudah. Terlebih, saat ini penggunaan teknologi juga harus disertakan guna menunjang kemampuan mahasiswa.

UT bisa sebagai kiblat pendidikan jarak jauh (PJJ). UT, kata dia, mampu menjamin mutu pendidikan jarak jauh, setidaknya dalam 10 tahun terakhir.

“Saya apresiasi UT dalam menjaga mutu pendidikannya, baik melalui akreditasi di dalam negeri dan secara aktif mengikuti eksternal activity dari international council for open and distance education, sehingga menjadi salah satu kiblat penjaminan mutu pendidikan jarak jauh di dunia,” kata Nadiem .(ati)

BERITA REKOMENDASI