Mendikbud : Pandemi Covid-19 jadi Laboratorium Guru

“Sekarang kita perlu berpikir jauh, melompat dari masa pandemi. Pandemi ini telah memberikan hikmah yang begitu berharga, sehingga ketika nanti ada tantangan besar lagi, kita sudah jauh lebih siap menghadapi krisis,” ungkapnya.

Pada peringatan hari Guru Sedunia tahun ini, Nadiem mengingatkan jika peran guru tidak lagi hanya sekadar mengajar. Guru juga harus berperan untuk menyejahterakan murid.

“Hari guru sedunia tahun ini perlu kita maknai secara khusus. Bagaimana peran guru adalah sangat mulia.  Para guru tidak hanya memastikan kelangsungan pembelajaran, tapi juga berperan lebih dalam mendukung kesehatan mental, dan kesejahteraan murid mereka,” kata Nadiem.

Pengembangan kualitas para guru juga tak kalah penting. Pelatihan para guru juga merupakan investasi untuk pengembangan pendidikan.

“Melalui kebijakan rekrutmen pengembangan pendidikan, peningkatan profesionalisme, dan peningkatan kesejahteraan guru. Itu yang terus kami perjuangkan,” sambung Nadiem.

Nadiem paham mengembangkan murid dan guru bukan pekerjaan mudah. Dia pun meminta seluruh pihak berkolaborasi memajukan pendidikan. Terlebih, masa pandemi virus korona (covid-19) merupakan tantangan yang harus dilewati bersama. Kemendikbud merancang berbagai program di masa sulit ini, agar guru mampu meningkatkan kemampuannya, dan murid mendapat pendidikan yang berkualitas.

“Kemendikbud ikut menghadirkan berbagai kebijakan dan program, di antaranya program guru belajar untuk semua jenjang pendidikan. Program ini dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi pandemi,” terangnya.

Selain itu Kemendikbud juga telah melatih 60.000 guru dalam pelatihan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Harapannya, para guru semakin mahir dalam memanfaatkan teknologi dalam mengajar.

“Sekarang saatnya kita melihat lebih jauh apa yang sebenarnya paling dibutuhkan para guru dan murid,” tutupnya.(ati)

 

BERITA REKOMENDASI