Mengenal Lebih Dekat Pesawat N-219

BANDUNG, KRJOGJA.com – Pesawat N-219 menambah catatan sejarah dalam kedirgantaraan Indonesia. Sebab, N-219 menjadi pesawat kedua asli buatan Indonesia yang berhasil diterbangkan lagi setelah 20 tahun lalu bangsa ini punya maskapai N-250.

"Keberhasilan flight test purwarupa pesawat pertama N-219 ini sangat penting artinya bagi PT DI (Dirgantara Indonesia) dan bagi industri kedirgantaraan Indonesia. Ini merupakan pembuktian bahwa bangsa Indonesia mampu melakukan rancang bangun, testing, sertifikasi, sampai produksi adalah hasil karya anak bangsa. Tidak ada technical assistance dari bangsa asing," kata Dirut PT Dirgantara Indonesia, Budi Santoso di Kota Bandung, Rabu (16/8/2017).

Menurutnya, pesawat N-219 sudah melakukan serangkaian tes, mulai dari wing static test, landing gear drop test, functional test engine off, medium speed taxi, high speed taxi, dan hopping.

Setelah fligt test atau uji terbang dilakukan hari ini, pengujian tidak akan berhenti. Pesawat N-219 harus melalui tahap fatigue test, flight test development, dan fight test certification. Pesawat juga butuh sekira 300 jam terbang untuk mendapatkan type certificate pada 2018 mendatang. (*)

BERITA REKOMENDASI