Mengenal MimPin, Anjing Lucu yang Masuk Masjid

Editor: Ivan Aditya

BAGI kalangan pecinta hewan, anjing jenis MinPin mungkin sudah tak asing lagi dan bahkan dijadikan sebagai peliharaan yang lucu. Namun bagi masyarakat umum, nama MinPin terbilang asing dibanding jenis anjing lainnya seperti Herder, Pitbull atau Chiwawa. Nama MimPin belakangan jadi populer, terlebih lagi setelah adanya peristiwa seorang wanita yang membawa masuk anjing jenis tersebut ke dalam masjid di Sentul Bogor hingga akhirnya viral di media sosial.

MimPin sebenarnya memiliki nama panjang Miniature Pinscher dog atau Mini Pinscher. Karena namanya yang cukup panjang itu sehingga membuat para pecinta anjing menyebutnya lebih singkat menjadi MimPin.

Baca juga :

Viral Wanita Bawa Anjing ke Masjid, Kemenag Serahkan ke Polisi
Kasus Bawa Anjing Masuk Masjid, Begini Sikap MUI
Deddy Corbuzier: Gue Salut dengan Saudara Seiman Gue
Wanita yang Bawa Anjing ke Masjid jadi Tersangka
Anjing yang Dibawa SM Masuk Masjid di Sentul Ditemukan Mati

Miniature Pinsher dog merupkan ras anjing Jerman. MimPin dikembangkan dari anjing Dachshund, Italian Greyhound dan German Pinscher berbulu pendek. MinPin mirip seperti Doberman berukuran mini, kedua ras ini sangat mirip karena keduanya dikembangkan dari anjing German Pinscher.

MinPin merupakan salah satu breed paling populer di tanah air, hal itu tak lain karena ukurannya yang kecil dan imut lagi lucu. Anjing ini banyak digemari kaum perempuan dibandingkan kaum pria yang kebanyankan lebih menyukai jenis lain dengan tampilan lebih kekar dan garang.

MimPin tampil menggemaskan dengan posturnya yang kecil sehingga terlihat kerdil. Tingginya MimPin tak lebih dari setengah meter, hanya antara 25 cm sampai 30 cm saja dengan berat rata-rata 3 kg hingga 5 kg.

Memiliki bulu tipis warna hitam dan cokelat pada bagian mulut ke bawah hingga perut, namun ada pula MimPin yang seluruh bulunya memiliki warna bulu cokelat tua. Ciri lainnya dari anjing MinPin yakni bulunya yang pendek, telinganya tegak berdiri. Karena bentuk tubuhnya yang kecil itu MimPin akan terlihat gesit saat berlari dan suara saat menggonggong terdengar lebih nyaring.

Walau tampilan luarnya lucu, MinPin dapat mendadak menjadi agresif baik terhadap sesama anjing maupun kepada manusia. MimPin juga dikenal sangat setia dengan pemiliknya dan mudah curiga terhadap orang asing yang mendekatinya.

Jika sifat aslinya itu muncul maka MimPin bakal terus menggonggong dan berlari-lari mengitari obyek yang dianggapnya asing tersebut. Namun dalam kondisi terdesak sekalipun, jarang sekali MimPin menyerang. Anjing ini cenderung memilih ‘defensif’ dan menggunakan taring giginya yang tajam itu untuk mepertahankan diri.

Di tanah air anjing jenis ini dijual dengan kisarah harga mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 10.000.000. Biasanya harga dibawah Rp 5.000.000 merupakan MimPin yang lahir dan dikembangkan di Thailand atau Indonesia, sedangkan diatas nominal tersebut biasanya Miniature Pinsher keluaran Eropa bahkan dari negara asalnya sana, Jerman. (Van)

BERITA REKOMENDASI