Mengerikan! Siklon Tropis Seroja Bisa Picu Gelombang Mirip Tsunami

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, siklon tropis Seroja yang mengakibatkan banjir di Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah bergerak menjauhi Indonesia. Namun, dia mengingatkan adanya gelombang tinggi seperti tsunami akibat siklon tropis Seroja.

Saat ini, kecepatan siklon tropis Seroja berada di 110 kilometer per jam dan akan semakin meningkat sampai 130 kilometer per jam. Kendati begitu, dampak siklon akan melemah karena sudah bergerak menjauh ke arah barat daya.

“Dampak yang terjadi hari ini hingga sekitar tanggal 7 (April) itu adalah sangat dirasakan. Selain hujan lebat, tapi juga angin yang kencang dan gelombang tinggi. Yang dikhawatirkan, ini mirip tsunami. Jadi gelombang tingginya itu masuk ke barat,” kata Dwikorita dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (6/4/2021).

Menurut dia, gelombang tersebut memang tak sama dan tidak sekuat tsunami namun akan masuk ke daratan serta dapat merusak. Ketinggian gelombang yang akan terjadi di NTT diprediksi mencapai 4-6 meter.

“Di perairan di Nusa Tenggara Timur, di Flores, di Laut Sawu di Perairan Selatan Pulau Sumba ini dapat mencapai 4-6 meter gelombang tersebut. Sehingga ini yang perlu diwaspadai juga di perairan dan lautan,” kata Dwikorita.

BERITA REKOMENDASI