Menhub Ajak Perantau Gunakan Mudik Gratis

JAKARTA.KRJOGJA.com -Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para perantau yang tergabung dalam Paguyuban Perantau Nusantara (Papernusa) untuk menggunakan program mudik gratis 2018 yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan. 

Pada musim angkutan Lebaran tahun ini, kuota untuk program mudik gratis yang disediakan jumlahnya lebih banyak jika dibanding tahun sebelumnya.

"Jumlah dari anggota Papernusa ini banyak sekali. Oleh karenanya saya ingin Papernusa mengkoordinir anggotanya untuk mendukung pemerintah dengan mengikuti program mudik gratis bersama tahun ini," kata Menhub Budi Karya Sumadi, usai menghadiri Milad Pertama Papernusa, di Jakarta, Minggu (25/03/2018).

Menhub mengungkapkan, pemerintah melalui Kemenhub menyediakan jumlah angkutan mudik gratis banyak sekali. "Ada bus untuk mengangkut orang dan ada truk untuk mengangkut motor. Selain itu kita juga sediakan kapal untuk mengangkut motor menuju Jakarta ke Semarang PP," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub kembali mengingatkan agar mudik ke kampung halaman pada saat Lebaran nanti tidak menggunakan sepeda motor karena kendaraan roda dua tidak didesain untuk digunakan perjalanan jarak jauh. "Jangan pulang mudik dengan motor. Naik motor itu berbahaya kalau jarak jauh. Apalagi jika naik motor dengan keluarga dan juga bawa barang. Satu sisi melanggar dan sisi lain juga membahayakan," tegasnya.

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang jatuh pada pertengahan bulan Juni 2018, Kemenhub mengadakan program Mudik Gratis 2018 bagi pengendara sepeda motor yang ingin mudik ke kampung halaman. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan lalu lintas yang selamat, aman, dan lancar pada masa angkutan Lebaran.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menambahkan, program mudik gratis bagi pengguna sepeda motor pada tahun 2018 untuk moda jalan berjumlah 1.130 bus dan 70 truk, dengan kapasitas angkut sebesar  50.000 orang dan 3.200 unit motor. Sedangkan untuk moda kapal penyeberangan meliputi 3 lintasan, yaitu Jakarta – Semarang, Jakarta – Surabaya, Jakarta – Lampung dengan kapasitas masing-masing 1.000 orang dan 500 unit motor. 

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga akan memperluas titik tujuan, tidak hanya terfokus pada Pulau Jawa, tetapi area luar Pulau Jawa juga. Lokasi tujuan mudik gratis tanpa sepeda motor tahun ini meliputi 32 kabupaten/kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Sumatera Barat. Sedangkan untuk mudik dengan sepeda motor meliputi 9 Kabupaten/Kota, yaitu Tegal, Semarang, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen dan Purwokerto,” tambahnya.

"Bagi masyarakat yang berminat mengikuti program mudik gratis 2018 ini dapat mendaftar secara online melalui website: mudikgratis.dephub.go.id, atau dapat mendaftar langsung," jelas Budi Setiyadi. (Imd)

BERITA REKOMENDASI