Menhub Minta Lion dan Garuda Periksa Pesawat Boeing 737 Max

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melayangkan surat kepada pihak Lion Air dan PT Garuda Indonesia.

Hal itu sebagai buntut dari peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 di Perairan Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Kemarin kami sudah melayangkan surat kepada Lion Air dan kepada Garuda untuk melakukan inspeksi terhadap pesawat 737 Max berkaitan dengan beberapa klarifikasi," kata Budi saat meninju proses evakuasi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (30/10/2018).

Setidaknya, ada sembilan pesawat jenis 737 Max di Indonesia masing-masing 1 milik Garuda Indonesia dan delapan milik Lion Air termasuk yang jatuh. Budi ingin meminta klarifikasi terkait pesawat jenis tersebut kepada Garuda dan Lion Air.

"Klarifikasi ini akan kami simpulkan dan akan kami sampaikan kepada KNKT dan ini akan menjadi dasar bagi KNKT untuk menetapkan apa penyebab dari kejadian tersebut," pangkasnya.

Sebelumnya, pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta tujuan Pangkal Pinang jatuh di perairan Tanjung Karawang, pada Senin 29 Oktober kemarin sekira pukul 06.33 WIB.

Pesawat yang mengangkut 189 orang, dengan rinciannya 182 penumpang, 2 pilot, dan 5 kru. Hingga kini, sudah ada sebanyak 34 kantong jenazah yang berhasil dievakuasi dan diproses identifikasi oleh tim DVI RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. (*)

BERITA REKOMENDASI