Menhub Mulai Bangun Pelabuhan Patimban

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, menyatakan siap memulai pembangunan pelabuhan Patimban. 

Direktur Jenderal Perhubungan Laut A Tonny Budiono dalam diskusi dengan tema ‘Persiapan Pembangunan dan Pengoperasian Pelabuhan Patimban yang Berwawasan Lingkungan’ di Jakarta, Kamis, mengatakan saat ini pihaknya tengah menyusun studi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan konsep pengembangan Pelabuhan Patimban sebagai pelabuhan yang berwawasan lingkungan.

Pemerintah telah menetapkan Pelabuhan Patimban sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, yang telah tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Untuk itu, pembangunan Pelabuhan Patimban akan mengadopsi nilai-nilai pelabuhan berwawasan lingkungan, sehingga tidak hanya bermanfaat meningkatkan perekonomian, namun juga tetap menjamin kelestarian lingkungan sekitarnya.

Tonny menjelaskan penyelenggaraan Pelabuhan Patimban dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan, namun pelaksanaannya akan dilakukan secara sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan/atau badan usaha. 

"Pembangunan, pengoperasian, dan pengusahaan, nantinya Kementerian Perhubungan dimungkinkan bekerja sama dengan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya. 
Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa terkait percepatan operasional Pelabuhan Patimban, proses pemilihan operator untuk Pelabuhan Patimban juga perlu diperhatikan sejak dini mengenai kualifikasi serta regulasi yang perlu dipenuhi. (*)

BERITA REKOMENDASI