Menhub Pastikan Kesiapan Mudik Natal dan Tahun Baru

Editor: KRjogja/Gus

TANGERANG, KRJOGJA.com – Menjelang libur natal dan tahun baru, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan ramp check pesawat terhadap sejumlah maskapai di Terminal 1 dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Sabtu (15/12/2018).

Menhub bersama rombongan Dirjen datang ditemani langsung oleh Direktur Utama Angkasa Pura II, M. Awaluddin. Mereka masuk ke apron Terminal 1 melalui ruang VIP lantas bergegas menuju salah satu pesawat Lion Air yang sedang parkir.

Budi memeriksa kondisi elemen pesawat, mulai dari mesin pesawat, kokpit, hingga kelayakan kursi-kursi penumpang. Hal ini dilakukannya, untuk memastikan semua unit pesawat benar-benar siap untuk diterbangkan.

Kemudian, rombongan menuju Terminal 3 untuk mengecek maskapai Garuda Indonesia. Pengecekan pun dilakukan di tempat yang sama, dengan didampingi dari pihak Garuda Indonesia.

"Dari 450 pesawat, 140 diantaranya sudah dilakukan ramp check," kata Budi di tengah-tengah pemeriksaan.

Budi menjelaskan, jumlah tersebut terdiri dari seluruh bandara yang ada di Indonesia, juga dari seluruh maskapai lokal. Menurutnya, dari ramp check tersebut tidak ada kendala atau kesalahan fatal (miror).

"Hanya minor, itupun bisa langsung diperbaiki saat itu juga," imbuhnya.

Menurut Budi, kondisi yang ada saat ini, telah menunjukan adanya itikad baik para maskapai, dalam merawat pesawat-pesawatnya dengan sangat baik. Khususnya, menjelang mudik liburan natal dan pergantian tahun baru, persiapan maskapai diharuskan dalam kondisi prima.

"Tidak ada kesalahan yang major. Semua minor. Itu menunjukan satu yang baik, bahwa sistem perawatan pesawat yang dilakukan airline ini relatif baik," pungkasnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI