Menikmati Sabang dari Secangkir Kopi

SABANG, KRJOGJA.com – Sisi lain ditawarkan Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Khususnya bagi wisatawan cruise ship. Destinasi ini bisa dieksplorasi melalui kenikmatan dan keharuman khas ala De Sagoe Kuphie. 

 Ada beragam eksperimen yang bisa dinikmati wisatawan cruise ship selama berada di Sabang. Sabang mendapatkan slot 25 calls kapal pesiar di 2019. Salah satu sudut terbaik berada di kedai De Sagoe Kuphie. Venuenya strategis di Bundaran Simpang Garuda, Kota Sabang. Durasi operasionalnya dari pukul 06.30 WIB hingga dinihari 02.00 WIB.
 
“Kami lebih banyak menyediakan kopi robusta. Sebab, orang Sabang sangat familiar dengan  robusta. De Sagoe Kuphie menyediakan banyak pilihan minum kopi bagi para pengunjung,” ungkap Owner De Sagoe Kuphie Albina Arahman, kemarin.

Dia menjelaskan banyak olahan kopi robusta, varian Kopi Sanger versi De Sagoe Kuphie menjadi favorit. Komposisi Sanger ini menggunakan kopi plus susu. Tanpa mendapatkan ekstra gula, fungsi susu sebagai pemanis. Komposisinya dalam 1 gelas Kopi Sanger diberi susu kental manis sebanyak 2-3 sendok makan. Namun, Kopi Sanger versi Sabang berbeda dengan Banda Aceh, NAD.
 
"Kopi Sanger ini paling banyak dicari, baik panas atau dingin. Rasanya memang khas karena susu ini hanya sekedarnya saja. Dari jumlah susu yang digunakan ini bisa dipakai sebagai pembeda Kopi Sanger di Sabang dengan Banda Aceh. Di sana rasa susunya kuat,” lanjut Albina lagi.
 
De Sagoe khusus menggunakan kopi dari Ulee Karim, Banda Aceh. Kopi ini sengaja dipilih De Sagoe karena cita rasanya yang nikmat. Warna yang ditampilkan juga lebih light dari kopi kebanyakan. Albina mengatakan, kopi asal Ulee Karim mengalami treatment khusus hingga bisa menghasilkan cita rasa berkualitas.
 
“Kami menggunakan Kopi Ulee Karim. Kunci penyajian kopi yang nikmat ini berada pada treatmentnya. Ulee Karim ini pengolahannya berulang hingga didapatkan komposisi sari terbaik,” tutur Albina.
 
Selain Sanger, De Sagoe Kuphie juga menawarkan sensasi kopi lain. Dengan basic Ulee Karim, mereka ini menyajikan Kopi Hitam. Kopi ini ada yang disajikan secara original atau tanpa memakai tambahan gula. Ada juga Kopi Telur. Menggunakan campuran telur kampung, kopi ini disajikan lengkap dengan susu. Untuk harga, semua varian kopi diberi banderol mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000 per gelas.
 

BERITA REKOMENDASI