Menkes Minta TNI-Polri Jamin Keamanan Dokter di Wamena

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta TNI, Polri serta Kementerian Dalam Negeri mengawal keamanan dokter di Wamena, Papua."Tadi kami sudah bicarakan dengan DPR, kami minta keamanan mereka dikawal," kata Nila saat ditemui usai Evaluasi Nasional Haji di Jakarta, akhir pekan lalu.

Hal itu merespons banyaknya dokter-dokter yang meminta dievakuasi setelah terjadinya pembunuhan seorang dokter akibat demo anarkistis di kawasan tersebut.

Menkes mengatakan dokter-dokter yang berada di Wamena ada yang sedang dalam pendidikan dan ada yang dalam pendayagunaan spesialis.
Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Papua dr Silvanus Sumule di Jayapura mengatakan dokter-dokter yang bertugas di Wamena minta dievakuasi karena ketakutan.

Dinas Kesehatan Papua tidak bisa menahan keinginan mereka sehingga akan mengirim penggantinya agar pelayanan kesehatan tetap dapat dilaksanakan. “Kami tidak bisa menahan mereka karena biar bagaimana mereka pasti ketakutan dan trauma dengan situasi yang terjadi saat itu,” kata dr Sumule seraya menambahkan ketakutan itu diperparah dengan meninggalnya dr Soeko yang diduga dianiaya oleh pendemo.
Dinas Kesehatan Papua, menurut dia, saat ini mencoba mengirim 25 tenaga dokter dari Jayapura agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat kembali normal.(ati)
 

BERITA REKOMENDASI