Menkes Pastikan Stok Vaksin untuk PON 2021 Cukup

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRjogja.com – Stok vaksin untuk event Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2-15 Oktober 2021 cukup. Demikian Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ,dalam keterangannya, Sabtu (17/4/2021)

Kemenkes telah mengalokasikan vaksin untuk provinsi Papua sesuai permintaan mereka sebagai tuan rumah PON yakni sebanyak 200 ribu dosis vaksin.

“Saya juga udah dilaporkan butuhnya sekitar 200.000 untuk bulan oktober, itu sih pasti bisa dipenuhi harusnya sejak bulan Juni jumlah vaksinnya kita insya Allah akan cukup” Tegas Menkes .

Di bulan ini sedang terjadi keterbatasan supply vaksin. Itu karena adanya embargo vaksin di negara India sebagai produsen vaksin Astrazeneca.

Oleh karena itu, stok vaksin yang saat ini ada, dimaksimalkan untuk program vaksinasi Lansia terlebih dahulu sebagai kelompok yang berisiko tinggi saat terpapar Covid-19.

“Prioritasnya tetap ke Lansia sebagai kelompok yang paling rentan dan beresiko,” ujarnya. Terkait perkembangan terkini vaksin merah putih, Menkes menyatakan bahwa dari enam kandidat yang ada, sebanyak dua kandidat dipersiapkan untuk dapat diproduksi pada tahun 2022.

Kami sudah dapat alokasi anggarannya tahun ini rencananya kami akan dorong supaya penelitian dan uji klinisnya lebih cepat, sehingga di 2022 salah satu dari mereka sudah terlaksana”, kata Menkes.(ati)

BERITA REKOMENDASI