Menkes: Salah satu Cara Atasi Pandemi Yakni Kurangi Laju Penularan

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan aalah satu cara mengatasi pandemi Covid-19 yakni mengurangi laju penularan. Jangan sampai orang yang terpapar dan harus dirawat di rumah sakit itu di atas kapasitas rumah sakit.

“Rumusnya cuma itu satu dan yang penting kurangi atau kendalikan laju penularan atau bahasa epidemiolognya reproduction rate (Rt) di bawah 1,” katanya saat membuka Forum Dekan Nasional Kedokteran AFKSI (Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia) 2022 di Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang, Sabtu (22/1/2022).

Jadi, seseorang atau dua orang menularkan satu orang, bukan satu orang menularkan dua orang. Inilah konsep yang dipakai dalam mengurangi laju penularan.

Menurutnya strategi untuk mengurangi laju ada empat dan hal ini sebenarnya sudah diberi petunjuk oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni menjalankan protokol kesehatan (prokes), surveilans, vaksinasi dan terapeutik atau perawatan.

Di tempat terpisah Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito optimistis pemerintah mampu mencegah prediksi puncak Omicron yakni pada pertengahan Februari-awal Maret 2022 mendatang.

Menanggapi hal ini anggota Komisi IX DPR, Netty Prasetiyani mengatakan hal penting yang harus dilakukan pemerintah adalah membuat kebijakan penanganan atau pilihan tindakan yang berbasis kajian ilmiah atau scientific based research mengingat pandemi ini adalah wabah kesehatan.

“Kebijakan yang berbasis pada prinsip ilmiah dan melibatkan partisipasi pakar epidemiologi dan disiplin ilmu lainnya akan menghasilkan kebijakan yang baik dan komprehensif. Bukan sekadar kebijakan yang populis non-saintifik, bahkan menjadi kebijakan yang inkonsisten,” katanya.

BERITA REKOMENDASI