Menkes Siap Mediasi Kasus Terawan Dipecat IDI

JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan melakukan mediasi menyusul pemecatan Terawan Agus Putranto oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Mediasi akan melibatkan anggota-anggota IDI.

“Kemenkes akan mulai dan membantu proses mediasi antara IDI dan anggota anggotanya agar komunikasi kembali baik, sehingga kondisi lebih kondusif,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Senin (28/3/2022).

Menkes menyinggung soal tabiat bangsa Indonesia yang mudah sekali diadu-domba. Mengingat durasi penjajah menguasai negeri ini teramat lama, yaitu 450 tahun.

“Kita mudah diadu domba, mudah disulut, mudah emosi, sehingga kita lupa bahwa kita hidup bersama-sama sebagai saudara. Dan kalau kita bekerja sama merajut modal sosial yang kita miliki sebagai bangsa, akan luar biasa hasilnya,” katanya.

Dia pun mencontohkan gotong royong yang dilakukan di Indonesia sebagai upaya mengentaskan pandemi Covid-19 terbukti berhasil.

“Sampai akhirnya Indonesia menjadi salah satu negara yang paling berhasil menangani pandemi di dunia. Ini bisa terjadi kalau kita mau bekerja sama,” tuturnya.

Menkes menambahkan, dengan adanya mediasi ini, diharapkan semua dokter di Indonesia bisa kembali fokus menyalurkan waktu dan energinya untuk memprioritaskan kesehatan masyarakat.

“Kami berharap sekali dengan adanya mediasi tersebut, kita semua bisa menyalurkan waktu, energi, dan mendedikasikan diri kita untuk memprioritaskan membangun masyarakat Indonesia yang lebih sehat,” tuturnya.

Sekali lagi, dirinya menegaskan, bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk semua pihak sebagai bangsa suatu negara untuk memfokuskan energi, waktu, dan perhatian kita untuk membangun sistem kesehatan Indonesia yang lebih baik demi generasi penerus nantinya.

“Semangat kerja sama dan membuka ruang diskusi perlu terus dipertahankan untuk mencapai tujuan Indonesia masa depan yang jauh lebih sehat dibandingkan Indonesia saat ini. Mari kita bekerja membangun Indonesia yang lebih sehat,” pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI