Menkes Tolak Pengajuan PSBB di Kota Sorong

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menolak usulan penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah; Kota Sorong, Papua Barat; dan Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Berdasarkan kajian epidemiologis dan aspek lainnya serta memperhatikan pertimbangan dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kota Palangkaraya, Kota Sorong, dan Kabupaten Rote Ndao belum dapat ditetapkan PSBB,” demikian tulis Terawan dari Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan (Kemkes) Busroni.

Dalam surat tersebut, Terawan menjelaskan kriteria yang harus dipenuhi oleh daerah dalam mengusulkan penetapan PSBB.

Pertama jumlah kasus dan atau jumlah kematian akibat penyakit meningkat dan menyebar secara signifikan dan cepat ke beberapa wilayah. Kedua terdapat kaitan epidemiologis dengan kejadian serupa di wilayah atau negara lain.

“Diharapkan terus melakukan upaya penanggulangan Covid-19 dengan berpedoman pada protokol dan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi penutup tiga surat yang ditandatangani Terawan.

Sampai saat ini, jumlah pasien positif corona di Kalimantan Tengah sebanyak 12 kasus, Papua Barat sebanyak tiga kasus, dan NTT baru satu kasus. (*)

BERITA REKOMENDASI