Menko Airlangga Pastikan Istilah PPKM Level 4 Sesuai Aturan WHO

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRjogja.com – Pemerintah mengganti istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menjadi PPKM level 4 yang berlaku mulai hari ini hingga 25 Juli. Adapun pergantian status PPKM level 4 berdasarkan aturan dari WHO.

“Terkait level apa yang diarahkan oleh WHO dan kita menggunakan dua level yakni level transmisi dan kapasitas, respons dan kita lihat dari segi level,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam video virtual, Rabu (21/7/2021).

Dia melanjutkan, level 4 ini merupakan transmisi dan kapasitas respons yang belum memadai dan perlu diperbaiki. Serta mempertimbangkan jumlah kasus harian.

“Kasus konfirmasi level 4 misalnya di atas atau lebih 150 ribu penduduk dan tentu kita melihat kemampuan terbatas mendorong kontak tracing dan bed ocupancy-nya apabila ada kriteria tersebut dan kita masukan ke level 4,” katanya.

Dia menambahkan, pembatasan masyarakat berbasis PPKM ini mempunyai koordinasi terintegrasi pusat dan daerah.

“Ini beberapa persoalan dan aglomerasi penanganan pandemi ini wilayah administrasi dan wilayah penyebaran wilayah aglomerasi penting ditangani bersama dan cara penanganannya,” katanya.

 

BERITA REKOMENDASI