Menko Bidang Perekonomian Awasi Harga Bawang Merah

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku akan memonitor harga bawang merah dan beras. Pasalnya, dua komoditas tersebut menyumbang inflasi Oktober masing-masing sebesar 0,02 persen dan 0,01 persen.

Komoditas lain yang memberi andil kepada inflasi adalah daging ayam ras sebesar 0,05 persen. "Faktor inflasi ini yang kami jaga, seperti harga bawang merah, harga beras itu nanti akan kami monitor," katanya.

Ia menuturkan pemerintah akan menjaga stabilitas harga bahan makanan sehingga inflasi dari komponen harga pangan bergejolak (volatile foods) tetap terjaga. Pada Oktober, kelompok bahan makanan mengalami deflasi sebesar 0,41 persen, dengan andil kepada deflasi sebesar 0,08 persen.

Di sisi lain, stabilitas harga bahan makanan diharapkan dapat menjaga tingkat konsumsi masyarakat. Alasannya, konsumsi masyarakat merupakan komponen paling besar dalam pertumbuhan ekonomi, yakni sebesar 55 persen hingga 60 persen.

"Nanti kami akan koordinasi dengan Menteri Perdagangan dan Perum Bulog. Mungkin minggu depan akan kami rapatkan," tuturnya. (*)

BERITA REKOMENDASI