Menko PMK Minta Masyarakat Perketat Prokes, untuk Lindungi Ibu Hamil dan Anak-anak dari Covid-19

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com– Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah terus berupaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak kepada perempuan dan anak.
Perempuan dan anak-anak merupakan tiang utama penentu masa depan bangsa. Karena itu, perempuan khususnya ibu hamil dan anak-anak harus terus dilindungi, termasuk dari musuh yang tidak terlihat yaitu virus corona Covid-19.
Apalagi melihat kondisi pandemi saat ini, Menko Muhadjir mengaku khawatir karena virus semakin ganas dan memakan korban dari kalangan perempuan ibu hamil dan anak-anak. Padahal, awalnya dia tidak menyangka kalau ibu hamil dan anak-anak bisa terpapar virus corona.
“Dulu pada awalnya saya optimis bahwa musuh ini akan pilih-pilih sasaran. Dia pasti tidak akan menyerang anak dan ibu hamil. Karena secara medis anak-anak dan ibu hamil memiliki kemampuan untuk memproduksi imunitas yang sangat baik,” ujar Menko PMK Muhadjir Effendy  dalam acara Anugerah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) 2021, Kamis (22/7/2021) malam.
Lebih lanjut, Muhadjir  mengatakan, saat ini ibu hamil dan anak-anak justru menjadi sasaran empuk dari Covid-19. Korban jiwa dari kalangan ibu hamil dan anak-anak juga sudah berjatuhan.
“Saya sudah menyaksikan sendiri ada puluhan ibu hamil yang harus dioperasi sesar karena covid dan bayi yang dilahirkan juga covid. Saya menyaksikan sendiri seorang bayi yang baru keluar dari rahim ibunya harus masuk di inkubator dan dipasang ventilator. Betapa menderitanya,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI