Menpora di Kutai Kartanegara Ramaikan Gowes Pesona Nusantara

TENGGARONG,KRJOGJA.com – Menpora Imam Nahrawi didampingi isteri Shobibah Rohmah bersama Bupati Rita Widyasari melepas Gowes Pesona Nusantara yang saat ini melintasi Tenggarong, Kutai Kartanegara, Minggu (11/6/2017) sore. GPN merupakan salah satu program unggulan Kemenpora di Tahun 2017 sekaligus menjadi Gerakan Nasional Ayo Olahraga untuk menjadi  gaya hidup masyarakat modern yang merata seluruh kota. Antusiasme tinggi dari masyarakat Tenggarong nampak jelas dengan hadirnya ribuan para goweser.  

Dalam suasana puasa Ramadhan tidak menyurutkan Menpora untuk memberi contoh dan menggelorakan semangat dengan ikut bersepeda pada etape 'Senja di Kota Raja'. Zona Kukar ini menjadi rangkaian lanjutan GPN setelah dibuka secara resmi di Titik Nol Kilometer, Sabang, Aceh, pertengahan Mei lalu dan secara serentak dititik lainnya yaitu Tarakan, Atambua, dan Merauke.

Gowes menempuh perjalanan sejauh 11 km, yang dimulai dan diakhiri di Creative Park Tenggarong, salah satu titik kumpul kawula muda dan 1.335 para pegowes, dengan perjalanan mengayuh kereta angin menyusuri tempat-tempat wisata Pesona Kerajaan Tertua Nusantara yang terletak di sepanjang Sungai Mahakam. "Kutai Kartanegara mencatat rekor tersendiri bahwa even Gowes Pesona Nusantara dilaksanakan yang pertama kali disaat sedang puasa Ramadhan, artinya masyarakat Kota Raja siap dalam kondisi apapun untuk tetap berolahraga," kata Menpora.

GPN menjadi bagian Ayo Olahraga, selain program unggulan juga merupakan gerakan masif menindaklanjuti Intruksi Presiden tentang Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), oleh karenanya tidak ada alasan bagi kita semua untuk turut serta mensukseskan. "Gowes Pesona Nusantara ini melanjutkan intruksi dari Bapak Presiden tentang Gerakan Masyarakat Sehat, dan semoga dari tempat ini akan lahir kebijakan nasional untuk Hari Gowes Nasional, satu hari penuh berkendara sepeda diluar car freeday agar semua menjadi sehat dan bugar, dan Kukar menjadi contoh yang menginspirasi bersama 90 daerah lain," harap Menpora.

Sementara, Bupati Kukar Rita Widyasari menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas program Kemenpora ini, semoga dapat mendorong masyarakat semakin mencintai olahraga. "Apresiasi tinggi saya sampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara atas kehadiran Pak Menpora, semoga seluruh aktifitas olahraga semakin dicintai masyarakat," ucapnya.

Gowes Pesona Nusantara 2017 dijadwalkan berlangsung di 90 kabupaten/kota di berbagai penjuru Indonesia dengan peserta para atlet dan juga masyarakat umum. Finis secara nasional pada tanggal 9 September 2017 bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional ke- 34 yang dipusatkan disalah satu keajaiban dunia Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.(*)

BERITA REKOMENDASI