Mensos : 2019, Indonesia Bebas Gepeng

SURABAYA, KRJOGJA.com – Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa, menargetkan Indonesia bebas gelandang pengemis (gepeng) pada akhir 2019. Program bebas gepeng ini merupakan hasil rapat koordinasi Kemensos dengan Dinas Sosial tingkat provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Kemudian langkah itu diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan terkait gepeng. Sebab, saat ini gepeng menjadi persoalan yang cukup serius di kalangan masyarakat, sehingga perlu adanya penanganan yang komprehensif.

“Untuk masalah gepeng memang ada target dari Kemensos, akhir 2019 Indonesia bisa bebas gepeng,” terang Khofifah usai menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Gelora Joko Samudro, Gresik, Jatim, Sabtu (20/5/2017) malam.

Penghargaan sendiri diberikan atas inovasi “Risol Gepeng” yakni Rehabilitasi Sosial Gelandangan Pengemis untuk bisa mandiri yang dikembangkan di daerah Bekasi, Jawa Barat (Jabar).

“Cara menyelesaikan masalah gepeng salah satunya dengan menyiapkan perkampungan khusus gepeng. Cara ini seperti yang dilakukan di Kota Malang. Disana ada perkampungan gepeng, yang sekarang jadi wisata seribu topeng,” paparnya.

Dari kampung gepeng menjadi wisata seribu topeng ini setiap akhir pekan didatangi banyak wisatawan. Model tersebut juga diterapkan pada sejumlah daerah seperti Pasuruan, Padang, Kulonprogo dan beberapa daerah lain. (*)

BERITA REKOMENDASI