Menteri Asman Minta Kebun Raya Dikelola Profesional

CIANJUR, KRJOGJA.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mendorong Kebun Raya Cibodas untuk dapat berubah menjadi seperti Botanical Garden yang ada di luar negeri. 

Melihat botanical garden, Menteri Asman merasa bahwa masyarakat benar-benar merasakan manfaat dari keberadaan botanical garden. Karena itu, potensi yang dimiliki harus terus digali. 

"LIPI yang merupakan induk dari kebun raya diharapkan tidak hanya berkutat pada penelitian, namun juga mempunyai inovasi untuk mengembangkan kebun raya.  Saya ingin kebun raya ini memberikan manfaat untuk publik tidak hanya untuk kita sendiri," ujarnya saat mengunjungi Kebun Raya Cibodas, Kamis (22/03/2018).

Menteri berharap Pemerintah Kabupaten Cianjur dan pihak pengelola Kebun Raya Cibodas dapat duduk bersama memajukan Kebun Raya Cibodas. "Bagaimana caranya agar lebih menarik dari sisi pariwisata, bisa mendorong sektor pertanian dan lain-lain," ujarnya. 

Menteri juga mendorong pegawai ASN agar dapat bekerja lebih bermanfaat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan tidak hanya mengerjakan pekerjaan rutin. Untuk itu, penelitian yang dilakukan diharapkan tidak hanya untuk pemerintah sendiri namun juga dapat memberikan manfaat untuk masyarakat. 

Saat ini, Kementerian PANRB sedang merancang model struktur organisasi yang tepat untuk mendukung hal tersebut. Bukan mustahil, kebun raya diarahkan ke Badan Layanan Umum (BLU) sehingga terdapat fleksibilitas dalam pengelolaan anggaran dan SDM tidak hanya dari birokrat. 

Hal ini juga akan diterapkan pada kebun raya lainnya yakni Kebun Raya Bali, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bogor,  dan Kebun Raya Cibinong. Sebab, kebun raya Cibodas telah memiliki daya tarik sendiri dan menyajikan pemandangan yang indah. 

Plt. Kepala LIPI Bambang Subiyanto mengatakan bahwa kedatangan dan keinginan Menteri Asman tersebut dapat memberikan nilai tambah untuk kebun raya. Ia menyambut baik masukan yang diberikan Menteri Asman. (Ati)

 

 

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI