Menteri PAN-RB Minta CPNS Tak Percaya Calo

DENPASAR, KRJOGJA.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur memantau langsung pelaksanaan verifikasi dokumen pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali. Ia mengimbau CPNS tak gunakan joki juga tidak percaya dengan calo.

Asman memantau verifikasi dokumen serta pengukuran tinggi badan CPNS Kemenkumham Bali, di Art Center, Denpasar. "Kita melihat sistem seleksi yang dilakukan di Kementrian Hukum dan HAM. Mulai hari ini pendaftaran sampai dia menerima kartu tanda peserta. Jadi dari situ kita lihat tidak gampang ya," kata Asman, Senin (11/9/2017).

Dia meminta para CPNS untuk tidak usah memakai jasa joki untuk ikut tes. "Mungkin harus pakai joki, selama ini kita mungkin masih negatif cara-cara penerimaan tapi dengan hari ini saya melihat menyakini kawan-kawan di Kementrian Hukum dan HAM tidak bisa main-main," tegasnya.

Selain itu, warga diimbau tak percaya calo. "Kalau ada yang mengatasnamakan seolah-olah bisa membantu menjamin kelulusan itu orangnya benar-benar menipu. Jadi tidak boleh lagi percaya calo-calo," terangnya.

Menurutnya yang bisa membantu sesorang lulus CPNS hanya kemampuan diri sendiri. "Yang bisa bantu itu hanya kemampuan saja. Tesnya ini secara terbuka, seperti kita lihat tadi di pengukuran tinggi badan, semuanya secara terbuka," paparnya.

Saat meninjau penerimaan CPNS tersebut Asman sempat berbincang-bincang dengan peserta.

Kemenkumham mulai hari ini menggelar tes kompetensi dasar CPNS di lingkungannya. Seleksi digelar di 33 titik seluruh Indonesia. Tercatat 211.538 pelamar lulus seleksi administrasi dari 1 juta lebih pendaftar CPNS di Kemenkumham. (*)

BERITA REKOMENDASI