Menuju Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045

YOGYA, KRJOGJA.com – Saat ini terdapat tanah subur sebanyak 1,8 hektar di Sumatera. Tadinya tanah tersebut berupa tanah marjinal. Para anggota Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) berharap akan lebih banyak tanah subur di Indonesia untuk mencapai Indonesia sebagai lumbung pangan dunia di tahun 2045.

"Oleh karena itu mari kita bersama-sama kawal masalah para petani di Indonesia. Mari KTNA dukung program-program pemerintah dengan menyampaikannya pada para petani," ujar Ketua Umum KTNA Winarto Tohir, Jumat (22/09/2017) dalam pembukaan HUT ke 46 KTNA di Jogja Expo Center.

Winarto menghimbau para anggota KTNA di seluruh wilayah Indonesia untuk mempersiapkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia dengan organisasi-organisasi yang ada di KTNA. Contohnya dengan memaksimalkan kinerja Asosiasi Petani Jagung, Asosiasi Petani Padi, dan Forum Komunikasi Pusat Pelatihan Pertanian.

"Artinya agar antara organisasi saling bertukar informasi tentang pertanian untuk meningkatkan kualitas," tegas Winarto. Dalam bertukar informasi tersebut para petani diingatkan untuk tidak hanya berfokus pada produksi semata. Saat ini tantangan yang nyata adalah bagaimana cara mereka memasarkan produk tani.

"Tak hanya petani yang berjuang untuk itu (memikirkan bagaimana cara memasarkan produk), harapannya KTNA juga punya ketentuan sikap untuk memperjuangkan hak petani," kata Winarto. (MG-07)

BERITA REKOMENDASI