Modernisasi Arab Saudi, Putra Mahkota Saudi Bakal Kunjungi Indonesia

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemimpin Modernisasi dan Reformasi Arab Saudi dan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman (MBS) akan mengunjungi Indonesia pada Senin 19 Februari 2019. Sejumlah agenda telah dipersiapkan dalam lawatannya ke Tanah Air.

MBS akan melakukan pertemuan bilateral untuk membahas penguatan hubungan ekonomi dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Rencananya adalah untuk tiba pada tanggal 18 Februari di malam hari, paginya di tanggal 19 Februari, event bilateral dengan Presiden," kata Juru Bicara Wakil Presiden Husain Abdullah, Jumat (15/2/2019).

Kunjungan ini merupakan bagian dari tour Asia yang dilakukan MBS untuk mengumumkan investasi di bidang energi dan infrastruktur di India dan Pakistan guna menghentikan ketergantungan negaranya dengan ekspor minyak.

"Beliau juga akan mengunjungi India dan Cina," ujarnya.

Husain menilai, hubungan Indonesia dan Arab Saudi sangat penting mengingat keduanya bergantung pada satu sama lain untuk keperluan ekonomi dan perdagangan, khususnya dalam bidang minyak dan sumber daya manusia.

Indonesia-Arab Saudi merupakan negara mayoritas Islam dengan populasi terbesar di dunia. Menurut dia, MBS merupakan sosok yang vokal untuk penyetaraan hak perempuan di kerajaanya seperti pergerakan, cara berpakaian, dan akses untuk bekerja.

"Contohnya, September tahun lalu, perempuan akhirnya diperbolehkan untuk masuk stadium umum dan larangan yang sudah lama tentang pengemudi perempuan yang sudah ada sejak tahun 1990 juga di angkat," paparnya.

Putra mahkota Arab Saudi itu juga mendirikan yayasan MiSK, ebuah lembaga swadawa masyarakat (LSM) yang bekerja untuk membudayakan belajar dan kepemimpinan di antara kaum muda Saudi Arabia dan mengembangkan startup dengan berbagai program inkubasi bisnis.

"Di tahun 2013, dia diberikan penghargaan Personality of the Year oleh Forbes Timur Tengah untuk peranya sebagai ketua yayasan MiSK dalam mendukung kaum muda Saudi dan perkembangan mereka," tandasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI