Modifikasi Cuaca Disiapkan Hadapi Hujan Lebat 9-12 Januari

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan TNI dan BNPB melakukan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) guna mengantisipasi curah hujan tinggi yang diprediksi akan kembali mengguyur wilayah Jabodetabek pada 9-12 Januari 2020.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo mengatakan TMC bertujuan menurunkan hujan ke wilayah yang aman dan jauh dari permukiman penduduk. Hujan yang turun dimodifikasi dengan penggunaan Natrium Klorida (NaCl) yang ditebarkan ke bibit awan melalui pesawat Casa 212-200 dan CN-295.

Hasilnya, menurut laporan BPPT, hujan berhasil diturunkan di perairan Barat Laut dan Barat Daya Jabodetabek. Laporan ini, merujuk pada data satelit yang menunjukkan wilayah terjadinya hujan.

"BNPB akan terus melakukan operasi ini untuk menghindari hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jabodetabek," ujar Agus.

Operasi TMC dilakukan dengan empat sorti penyemaian awan menggunakan NaCl. Pesawat CN 295 dan Casa 212-200 milik TNI pada Selasa (07/01/2020) melakukan penyemaian awan menggunakan total 6,4 ton NaCL dengan cakupan wilayah yakni, Barat Daya, Barat, dan Barat Laut.

Agus menerangkan BNPB, BPPT dan TNI melakukan sorti pertama menggunakan CN295. Bahan semai NaCl sebanyak 2,4 ton disebar ke wilayah Barat hingga Barat Daya Jabodetabek.

Kemudian, penyemaian kedua menggunakan Casa 212-200 dengan kapasitas semai 800 kg. Penyemaian mendistribusikan bahan semai di perairan Selat Sunda. (*)

BERITA REKOMENDASI