Mudik Lebaran, Anjing Pelacak Siaga Di Pelabuhan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktur Tindak Pidana (Dirtipid) Polri Narkoba Brigjen Eko Daniyanto mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan anjing pelacak atau K-9 di Pelabuhan Bakauheni dan Merak. Tujuannya untuk mencegah peredaran narkoba saat memanfaatkan momentum mudik.

"Untuk Pelabuhan Lampung dan Merak sudah ada bantuan dua anjing K-9 dari Bea Cukai dan BNNP," ujar Eko di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (13/6/2017)

egahan itu, dikatakan Eko lantaran dari hasil pengamatan jajarannya untuk saat ini tren para pengedar narkotika masuk melalui jalur Sumatera. Sehingga, jalur lintas Sumatera (Jalinsum) memang sangat diwaspadai. "Mereka beralih hampir 60-80 persen menggunakan pantai Aceh dan Medan," ucap Eko.

Secara teknis, Eko menuturkan Anjing K-9 itu akan mengawasi kendaraan bus dan pribadi saat memasuki Pelabuhan. Sehingga, petugas akan melaksanakan razia secara rutin. "Anjing itu begitu mobil berhenti, penumpang keluar dan anjing masuk jika menggonggong lalu cakar-cakar itu yang kami perhatikan," tutup Eko. (*)

BERITA REKOMENDASI