Mudik Lewat Tol Brebes, Cek Jalan Keluarnya

JAKARTA,KRJOGJA.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memfungsikan ruas tol Brebes Timur sampai Weleri untuk mendukung arus mudik. Dalam jalur tol ini, Kementerian PUPR menetapkan delapan lokasi pintu keluar (exit).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna dalam keterangannya mengatakan, delapan pintu keluar tersebut yakni Ujung Rusi (Tegal), Karangjati (Tegal), Warungreja (Tegal). Kemudian, di Sewaka (Pemalang), Beji (Pemalang), Bojong (Pekalongan), Kandeman (Batang), dan terakhir Gringsing (Weleri).

"Gringsing memang tidak disarankan sebagai exit karena terlalu jauh," kata dia, Jumat (2/6/2017).

Jalan tol fungsional ini untuk mengurangi kepada di Brebes Timur. Semula, Kementerian PUPR akan memfungsikan tol ini sampai Semarang atau sepanjang 145 km. Tapi, karena ada lahan yang belum bebas maka ruas tol ini yang difungsikan hanya sampai Weleri atau sekitar 110 km.

"Sehingga yang bisa fungsional itu sampai Gringsing atau di Weleri sekitar 110 km," jelas dia.

Kondisi tol tersebut, lanjut Herry memiliki lebar 7 meter. Kemudian, telah tertutup beton (lean concrete) setebal 10 cm."Jadi harapannya memang tidak berdebu seperti dua tahun lalu," ujar dia.

Terkait penggunaan pada malam hari, Herry menuturkan akan berkoordinasi dengan kepolisian. Meski demikian, pihaknya akan menggunakan rambu-rambu sebagai pengaman.

"Penggunaan malam hari sangat tergantung dengan nanti koordinasi kepolisian, namun jalannya akan dilengkapi rambu, lalu pemisah di pinggir sifatnya spotlight sehingga kalau kena lampu menyala," tutup dia.(*)

BERITA REKOMENDASI